Belajar Coding Otodidak Semakin Gampang Walau Dalam Keadaan Offline dengan Devdocs.io


Hai, setelah beberapa minggu aku gak ngepost karena libur panjang lebaran Idhul Fitri 1439H (Halah bilang aja males ngepost sama gak bisa konsisten) kini aku kembali dan ingin membahas sesuatu yang bermanfaat buat kalian para ksatria programer yang sedang belajar dan gemar dengan dunia perkodingan. Tapi sebelum ke topik utama aku ingin ngucapin selamat hari raya Idhul Fitri, Taqabbalallahu minna wa minkum mohon maaf  lahir dan batin baik kata dan perbuatan yang disengaja atau gak disegaja hehe. Oke deh biar gak kepanjangan lagi basa-basinya langsung aja kepembahasannya.

Jadi gini, Aku tuh mau ngenalin nih sebuah web penyedia dokumentasi belajar coding untuk kalian yang gak biasa yaitu Devdocs.io.

Lansung Saja ke Situsnya jika males baca artikel gajeku: http://devdocs.io

Kenapa harus pakai Devdocs.io? kan di web lain ada juga?


Sebab web ini memiliki fitur mode offline (Offline Data) yang mana memungkinkan kamu membuka web ini meski dalam keadaan offline. Jadi kamu gak perlu takut deh kalo lagi gak ada internet dan gatel pengen belajar coding.

Hebatnya lagi kumpulan dokumentasi yang disediakan menurutku begitu banyak dan cukup lengkap dari berbagai bahasa pemerograman seperti HTML, CSS, Javascript, C, C++, Python, dan masih banyak lagi sekitar 120+ lebih bahasa pemerograman termasuk framework. Dan yang membuat aku makin suka dengan web tools ini adalah tampilannya yang simple.

Lantas Bagaimana Cara Menggunakannya Jika Mode Offline?


Caranya mudah banget, kamu cukup lakukan hal berikut ini:

  • Masuk terlebih dahulu ke situsnya http://devdocs.io.
  • Kemudian tekan Titik Tiga  disamping kolum Pencarian/Search.


  • Setelah itu pilih Opsi Offline Data.


  • Jika kamu sudah berada di dalam halaman Offline Data, maka silahkan klik Install pada dokumentasi pemerograman yang kamu inginkan.


  • Untuk mengetesnya matikan Internet kamu dan buka url devdocs.com

Jadi Install ini berfungsi untuk mendownload data dokumentasi agar tersimpan di dalam komputer atau perangkat kamu yang terletak di dalam cache browser agar nantinya dokumentasi yang kamu install tadi dapat dibaca saat offline.

Dihalaman Offline Hanya Tertera Beberapa Bahasa, Lalu Bagaimana Bahasa Yang Lain?


Tenang-tenang jangan protes dulu atuh hehe... Bisa kok dokumentasi bahasa pemerograman lain dimasukin dan berikut caranya:

  • Pertama kamu pilih dahulu bahasa yang ingin kamu baca atau dioffline-in pada menu bagian sisi kiri lalu tekan Enable pada opsi bahasa yang kamu pilih. Contohnya saja aku mau belajar Angular maka yang kulakukan adalah pilih Angular kemudian tekan Enable pada sisi kanannya.



  • Setelah itu kamu langsung ke Opsi Offline Data maka dokumentasi yang kamu Enable tadi sudah ada di Offline Data dan kamu tinggal klik Install agar bisa dibaca saat Offline.


Jika ingin Disable Dokumentasi yang sudah tidak perlu bagaimana?

Setelah kamu pelajari dan sudah mahir sehingga rasanya sudah kurang membutuhkan dan ingin menghapusnya, mudah kok lihat aja cara dibawah ini:
  • Klik tombol Titik Tiga  lalu pilih Preferences.


  • Setelah masuk ke halaman Preferences lihat sisi bagian kiri maka kamu akan menjumpai opsi centang Enable yang berfungsi mengaktifkan dokumentasi jika centang aktif dan untuk Disable (mematikan) dokumentasi yang kamu gunakan jika centang tidak aktif. Setelah selesai centang di nonaktifkan silahkan klik Apply untuk menyesaikan pengaturan.



Diakhir kata aku juga mau nyampein bahwa si Devdocs ini sangat bermanfaat dan layak untuk digunakan apalagi bagi kamu yang belajar otodidak. Jadi gak ada alasan lagi untuk kamu gak bisa belajar bahasa pemegoraman sedangkan fasilitas udah semudah ini wehehe...