1 Tahun Menggunakan Smartphone Oukitel U18


Kali ini aku mau review smartphone yang pernah aku gunakan selama setahun (atau malah kurang dari setahun / sekitar 8bulan) yaitu Oukitel U18. Review ini aku buat agar nantinya kalian tidak mengalami apa yang telah aku alami. Oke deh, langsung aja yaa kita mulai reviewnya. cmiw!~

Spesifikasi:

Untuk layar sih hape ini beresolusi 5,89" (1440 x 720 p) Full HD, dengan rasio layar sebesar 21:9. Oukitel U18 dan chipsetnya menggunakan MediaTek MT6750T prcessor Octa-core 1,5 GHz dengan GPU ARM Mali T860. Terus RAM 4GB dengan internal memory sebesar 64GB dan terdapat slot MicroSD yang bisa di up hingga 128GB. Terus untuk OS menggunakan Android 7. Dan Memiliki harga 2,5 jutaan di Situs Tokopedia

Tampilan:

Oke dari segi tampilan aku suka karena pada 'jamannya' model dengan poni menjadi trend baru di tahun 2018. Jadi membuat kesan mahal (padahal murah haha) dan unik pada smartphone ini, yang mana itu semua aku alami saat orang lain yang ga tau itu hape apa bakalan bilang "itu hape Iphone X" untugnya ku rendah hati dan bilang "Iyaadong" "engga ini hape merek U18". Dan mereka bertanya-tanya "Hape U18? hape apa itu" dan aku jawab "bukan hape terkenal karena aku anti mainstream". Eh kok jadinya cerita sih haha. Oke kita lanjut lagi, untuk bahan casing yang digunakan masih plastik ya sepertinya untuk push biaya pembuatan dengan lis pinggrian menggunakan besi. Untuk layar katanya sih sudah menggunakan amoled, tapi kayaknya amoled kelas paling rendah mengingat juga cost yang dikeluarkan untuk hape ini sangat murah.

Dan untuk tampilan daleman masih pure Android stock sehingga menurutku ini adalah nilai lebih dari smartphone ini, karena aku suka dengan stock punya google. Untuk kelebihannya sih menurutku ga ada lagi selain yang sudah aku sebutkan tadi.

Kamera-nya Gimana?

Untuk kamera ya bagus-bagus aja sih apalagi mengingat harganya segitu cukup memuaskan lah. Kekurangnya, saat foto di gelap gambar terlihat jelek terus optimalisasi dari penangkapan video sangat pas-pasan, tapi sekali lagi hape ini cuman seadanya, maklumi saja. Dan kalian bisa lihat hasil jepretannya di foto dan video dibawah ini.

Contoh Foto:




Contoh Video:



Untuk Main Game?

Untuk main game sih menurutku jika sekelas Mobile Legend dkk main sangat nyaman. Akan tetapi untuk kelas game berat seperti PUBGM, bisa sih tapi harus set rata kiri (lowww banget) dah gitu masih ada lag patah patah membuat permainan tidak nyaman belum lagi rendering lama yang terkadang buat kesel ditambah sensitifitas layar terbilang lambat.

Kekurangan:

Selain tidak nyaman bermain game (yah namanya juga hape murah, maklum) dan peringatan kepada kalian bahwa hape ini sudah menggunakan USB type C, terus apa masalahnya? Masalahnya adalah Type C yang dia gunakan itu berbeda dari Type C pada umumnya. Type C yg digunakan Oukitel inputan atau kepala usbnya lebih panjang sedangkan Type C yang beredar seperti untuk hape Xiaomi, Oppo, Vivo, dst memiliki Type dengan kepala yang lebih pendek. Dan ini True story saat kabel usb nya rusak saya dan ingin mengganti kabel tersebut akan tetapi pas saya keliling-keliling ke penjual ponsel saya tidak menemukan type C dengan inputan yang sesuai. Dan itu membuatku frustasi :(. 

Oh ya, satu lagi kalo kalian berharap ada kompas hape ini engga ada dan itu bisa dimaklumi dengan harganya yang tergolong sangat murah.

Kesimpulan:

Dengan harga segitu menurutku ya lumayan Worth it di harganya yang cuman 2,5 jutaan aja. Kalau digunakan untuk casual sehari-hari seperti membuka social media, email, sekedar telpon/sms, atau game dengan spesifikasi rendah seperti Mobile Legend, Free Fire, dkk. Tapi, jika kamu maniak game ada baiknya menggunakan hape dengan spek yang lebih tinggi dan mengeluarkan sedikit lagi budget untuk mendapatkan peforma lebih. Dan untuk semuanya dari experience yang aku dapat aku kasih skor 7 dari 10.

Oh ya, untuk kalian yang ingin tanya-tanya tentang hape ini silahkan komentar dibawah ya dan terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat.