Belajar Membuat Blog Dari Blogger (1): Membuat Blog, Menulis Artikel & Halaman Statis


Hai kali ini saya akan membuat sebuah artikel tentang bagaimana membangun atau membuat sebuah blog di platform blogger.com. Kenapa menggunakan blogger? karena platform ini gratis, lalu fiturnya lumayan memadai dibandingkan platform lain yang gratis juga dan plaform ini miliknya Google jadi ada rasa aman tersendiri. Selain itu plaform ini lumayan simple dan mudah digunakan jadi sangat cocok untuk pemula, tapi jika untuk professional disarankan menggunakan platform yang berbayar seperti menggunakan hosting dan memakai CMS Wordpress.org. 

Artikel ini akan saya bagi beberapa artikel dan pada kesempatan kali ini kita bakal membahas bagaimana cara membuat blog, menulis artikel dan membuat halaman statis. Satu lagi, artikel ini akan saya rangkum dan saya buat daftar isinya yang mana kalian bisa lihat di link ini (Daftar Isi).

1. Membuat Blog

Oke cara membuat blog di Blogger sangat mudah cukup ikuti cara berikut ini:
  • Buka blogger.com lalu Sign In / Login menggunakan akun Google mu.
  • Jika kamu baru pertama kali menggunakan blogger kamu akan berjumpa halaman seperti gambar dibawah ini, yang artinya kamu diperintah untuk membuat nickname / nama panggilan. Isi bebas sesuai keinginanmu dan tekan Next / Lanjutkan
  • Oke kita masuk ke pembahasan utama yaitu bagaimana cara membuat blog. Caranya klik list judul blog pada bagian kiri atas sisi website blogger. Kemudian kamu akan menjumpai opsi Blog baru...

  • Nanti kamu akan disuruh mengisi form judul, alamat blog/URL, dan tema blog sesuai keinginan kamu. Jika sudah selesai klik Buat blog!
  • Dengan begitu blog kamu sudah berhasil dibuat.

2. Membuat Artikel

Selanjutnya adalah membuat artikel dimana itu merupakan content utama jika membuat blog. Artikel juga yang berguna mengenalkan untuk apa dan mengapa blog itu dibuat. Oke, kira-kira kalian udah paham maksudku dan kita langsung masuk ke tutorialnya.

  • Buka tab Postingan lalu klik Entri baru untuk membuat artikel baru. 
  • Nah kamu sudah bisa membuat artikel yang kamu mau dan perhatikan tiga tahapan dibawah yaitu Judul artikel, Isi artikel, dan klik publikasikan jika sudah selesai. Isi Label untuk mengkategorikan artikel apa itu (contoh: Memasak, Resep) buat tanda koma untuk membedakan setiap label/kategori baru di satu artikel tersebut.
  • Untuk melihat hasil tulisan yang sudah kamu publish adalah dengan membuka alamat blog yang sudah kamu buat tadi.

Penjelasan-Penjelasan tentang tools untuk memperbagus artikel:

Sebenarnya tools-tools tersebut mirip dengan aplikasi pengelola dokumen seperti Mircrosoft Word dan sebagainya. Dan bisa dipelajarin dengan cara meraba-raba, tapi tak ada salahnya aku beritahu kegunaannya.


  1. Compose adalah mode user interface WYSIWYG (What you See is What You Get) / Apa yang kamu buat itu yang kamu dapat. Contohnya jika kamu menulis tebal maka yang terlihat akan tebal dihasil. Dan dengan menggunakan mode ini menulis artikel akan lebih mudah dan praktis tetapi ada kekurangnya di bandingkan mode HTML, tapi jangan khawatir mode Compose dan HTML saling terhubung satu sama lain jadi misalnya ada fitur yang tidak ada di compose kamu bisa ke mode HTML lalu kamu bisa kembali lagi ke mode Compose.
  2. HTML adalah mode dengan user interface berbasis text dan script jadi jika kamu ingin mengeluarkan suatu effect kamu harus menggunakan markdown script untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.
  3. Undo untuk kembali ke editan sebelumnya.
  4. Redo untuk kembali dari undo dan mengulang perintah yang sudah dibatalkan.
  5. Merubah font (sangat tidak direkomendasikan untuk dipakai)
  6. Merubah ukuran size text (tidak terlalu disarankan untuk dipakai)
  7. Merubah TAG Heading, katanya berfungsi untuk SEO dan fungsinya hampir sama seperti nomor 6 dan lebih baik menggunakan fitur ini untuk merubah ukuran.
  8. Effect Bold
  9. Effect Italic
  10. Effect Underline atau garis bawah
  11. Effect Coretan
  12. Merubah warna text
  13. Membuat effect stabilo
  14. Hyperlink atau membuat link eksternal
  15. Mengupload gambar
  16. Mengupload Video (Tidak direkomendasikan / Lebih baik upload di YouTube atau platform lain lalu menggunakan embed (Apa itu embed? kapan-kapan kita bahas ya, hehe)
  17. Tools untuk mengeluarkan Special Characters
  18. Jump Break biasanya digunakan untuk membuat readmore, tapi jika kamu menggunakan theme custom hasil download-an readmorenya automatis jadi kurang direkomendasikan digunakan. (Mau tau apa itu readmore? kapan-kapan kita bahas ya haha)
  19. Alignment berguna untuk mengatur kerapian text
  20. Membuat list dengan nomor
  21. Membuat list dengan titik
  22. Membuat Blockquote (Contohnya dibawah ya)
  23. Menghapus semua effect pada text
  24. Mengkoreksi kata-kata biasanya bahasa inggris sih jadi tidak disarankan untuk non-inggris.
NB: Cara penggunaannya sebagian harus di block terlebih dahulu textnya agar effectnya berpengaruh.

CONTOH BLOCKQUOTE SEPERTI INI

 3. Membuat Halaman Statis

Halaman statis adalah halaman yang tidak menjadi bagian dari list artikel blog dan biasanya untuk halaman-halaman khusus seperti about, contact atau apalah itu, contohnya https://www.sychonix.com/p/tentang-ku.html. Halaman ini jika di blogger ditandai /p/. Dan biasanya biar ga ganggu kerapian dari artikel sih kalo menurut ku hehe. intinya halaman yang berdiri sendiri dan tidak terikat di list artikel blog.

Cara membuatnya hampir sama dengan membuat artikel, dan berikut caranya:

  • Pergi ke tap Halaman -> Halaman Baru -> Buat Isi Halaman tersebut (Mirip seperti buat artikel) -> Lalu Publish -> untuk melihat hasil klik Lihat dibawah judul halaman yang kamu buat tadi.

Nah untuk pembelajaran pertama ini kita cukup sampai disini dulu, buat yang ingin bertanya silahkan komen dibawah dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya